Powered By Blogger

selamat datang sahabat

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.

Jumat, 05 Maret 2010

IAD:Diet Dalam Islam

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
      Kebanyakan diet ini dikenal oleh para wanita zaman sekarang adalah usaha untuk menurunkan berat badan agar terlihat lebih langsing. Entah apa penyebabnya, diet ini begitu mewarnai kehidupan wanita, terlebih gadis-gadis. Mau tidak mau tubuh langsing menjadi idaman banyak wanita karena menurut mereka tubuh langsing merupakan salah satu cirri wanita cantik, sehingga bagi sebagian wanita berapapun biaya dan seberat apapun tantangan unutk berdiet mereka akan lakukan.
    Banyak orang ini tidak melihat kedepan dampak apa yang akan terjadi jika dia melakukan diet. Jauh dari itu, sebenarnya agama kita yang mulia ini (Islam) sudah berulang kali mengajarkan kepada kita sebagai umatnya, bagaimana cara diet yang benar, wasilah-wasilah diet dan tujuan dari itu sendiri, sudah diterangkan dalam Q.S Al-A’raf :31 Allah berfirman ”Wakulu wasyrabu wala tusrifu”. Orang yang melakukan diet biasanya disebabkan karena berat badan berlebihan, sedangkan kelebihan berat badan pada umumnya disebabkan oleh banyak makan-minum.
1.2 Rumusan Masalah
    1.Bagaimana makanan yang sehat dalam Islam ?
    2.Bagaimana diet menurut islam ?
    3.Bagaimana diet menurut ilmu kesehatan ?
    4.Apa faktor yang menyebabkan kegagalan diet ?
1.3 Tujuan
   1.Untuk mengetahui makanan yang sehat dalam islam
   2.Untuk mengetahui diet menurut islam
   3.Untuk mengetahui diet menurut ilmu kesehatan
   4.Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kegagalan diet

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Makanan Dalam Islam
      Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Menariknya, islam memiliki aturan yang sangat komprehensif terkait dengan hal ini. Islam memerintahkan kaum muslimin untuk makan dan minum. Namun pedomannya jelas, tidak boleh makan dan minum kecuali yang halalan thayyiba (halal dan baik). Allah SWT berfirman:
“hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat dibumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan, karena sesungguhnya syaithan adalah musuh yang nyata bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 168
    Yang dimaksud dengan halalan thayyiban ini meliputi jenis makanannya, cara memperolehnya. Proses mengonsumsinya, serta tujuan mengonsumsinya. Maka, seorang mukmin yang komitmen dengan keislamannya, termasuk masalah makanan, akan mendapatkan pahala kenikmatan makan makanan terenak di surga. Bahkan Allah SWT yang memerintahkan mereka untuk makan dan minum. Allah SWT berfirman:
Dikatakan kepada mereka: “makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (Q.S. Ath Thuur [52]: 19)
Allah SWT pun menjelaskan tentang makanan-makanan yang diharamkan sehingga manusia terjaga pola konsumsi pangan kesehariannya.
“diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepadaKu. Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah kucupkan kepadamu nikmatKu, dan telah kuridhai islam itu menjadi agamamu, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-Maidah [5]: 3)
     Dalam islam, makanan tidak hanya sebagai kebutuhan biologis, tapi juga sebagai daya dukung untuk bisa melaksankan penghambaan kepada Allah SWT dalam skala yang lebih luas. Oleh karena itu, islam mengajarkan adab makan yang didalamnya termasuk bagaimana berakhlak terhadap makanan itu sendiri.
Melakukan kesalahan dalam mengonsumsi sesuatu, bisa berdampak fatal seperti yang terjadi pada kisah Nabi Adam as dan Siti Hawa. Mereka dikeluarkan dari surga karena makan buah terlarang. Allah berfirman:
“maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia.” (Q.S. Thaha [20]: 121)
2.2 Diet Menurut Islam
      Diet pada pandangan islam adalah mengkonsumsi makanan dan minuman secara tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan dapat membawa efek yang tidak baik, misalnya kelebihan makan bisa menyebabkan kegemukan dan kemalasan, kelebihan frekuensi untuk sikat gigi maka email semakin menipis, kelebihan duduk bisa sakit pinggang dan masih banyak lainnya.
      Dalam sebuah hadist, Rasulullah telah berpesan bahwasannya volume perut dibagi menjadi 3 bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, 1/3 untuk udara. Adapun tujuan diet dalam islam adalah agar dengan tubuh yang ringan memudahkan seseorang untuk beribadah, seperti bangun tengah malam untuk menunaikan ibadah sunnah tapi itu merupakan salah satu wadah kita untuk mendekatkan diri pada sang pencipta,Walaupun dalam hakikatnya kita hidup didunia, dialah yang kita cari, akan tetapi tujuan kita hidup adalah untuk akhirat “aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku”. Dunia hanya tempat persinggahan semantara, sedangkan akhiratlah adanya kehidupan abadi selamanya. Jadi sebenarnya diet itu bisa membawa berkah tersendiri bagi orang yang mempunyai niat dan nilai positif dalam melakukan tindakan tersebut. Islam yang dikenal sebagai agama universal, syamil mutakammil juga memberitahukan kepada kita bagaimana cara diet yang sehat. Diantaranya:
1) Puasa, agar dapat mencapai tujuan diet yang sehat, dianjurkan bagi seseorang untuk berpuasa, diimbangi dengan melaksanakan sahur.
2) Olahraga, jika ada yang berpendapat bahwa olahraga tidak ada dalam islam, maka itu adalah sangkaan yang salah.
3) Tidak berlebih-lebihan dalam hal makan-minum, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.
4) Jangan lupa meniatkan bahwa diet yang kita lakukan semata-mata untuk mencari ridha ilahi. Semoga dengan diet yang kita lakukan menambah mizan kebaikan kita dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.
5) Jaga hati agar selalu bersih, kondisi hati seseorang sangat mempengaruhi kesehatannya karena hati adalah sumber penyakit. Kalau hati baik, maka baiklah seluruh tubuh dan bila hati buruk, maka buruklah seluruh tubuh. Jadi, kondisi hati sangat mempengaruhi penampilan seseorang.
6) Memperbanyak minum air putih, air putih banyak sekali khasiatnya, terlebih untuk kesehatan badan dan otak. Seseorang yang sedang belajar dianjurkan banyak mengkonsumsi air putih, begitu juga halnya dengan orang yang sedang berdiet, dianjurkan memperbanyak minum air putih.
    Sebuah diet sehat dianggap penting dalam islam, walaupun seperti apa yang dianggap mungkin tidak akan selalu dalam pertimbangan standar Barat. Beberapa sarjana muslim menganggap kelebihan makan adalah dosa karena adanya penafsiran ayat berikut dalam Al-Quran:
   Dan dialah yang menjadikan kebun-kebun dengan dan tanpa teralis, dan tanggal, dan tanaman yang bermacam dari segala jenis, dan zaitun dan delima, yang serupa (dalam bentuk natura) dan berbeda (yang bermacam-macam): makanlah dari buah dalam musim, tapi memberikan yang iuran yang tepat pada hari panen dikumpulkan. Tapi bukan oleh kelebihan limbah Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-lebihan. (Q.S. 6: 141)
     Menurut Prof. Dr. Musthofa Romadhon memberikan beberapa gambaran pola hidup sehat Rasulullah SAW berdasarkan berbagai riwayat yang bisa dipercaya, sebagai berikut ini:
Asupan awal ke dalam tubuh Rasulullah adalah udara segar di subuh hari. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lai. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh.
     Di pagi hari, Rasulullah SAW menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya.
Di pagi hari pula Rasulullah SAW membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli.
    Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah SAW senantiasa memgkonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (matang) Menjelang sore hari, menu Rasulullah biasanya adalah cuka dan minyak zaitun tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok yaitu roti.
Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah SAW adalah sayur-sayuran.
2.3 Diet Menurut Ilmu Kesehatan
Diet dilakukan tidak hanya sekedar untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Diet adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus mupun terlalu gemuk kedua-duanya merupakan factor resiko terjadi penyakit.
Diet adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi orang secara teratur setiap hari. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan.
Syarat Dasar Diet Sehat
a) Tidak menyingkirkan golongan makanan tertentu
b) Tetap memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap protein dan lemak.
c) Makan hanya pada saat lapar.
Tips Sukses Dalam Diet
a) Nikmati makanan dan kunyah makanan hingga halus serta pastikan tidak menyuap makanan setelah makanan sebelumnya tertelan.
b) Makan bersama keluarga atau teman sambil bercengkerama akan membuat kita menyatap makanan dengan perlahan. Hal ini akan membuat tubuh memiliki waktu untuk memproses makanan secara maksimal.
c) Jangan makan sambil melakukan hal lain, misalnya menonton karena situasi ini akan membuat kita cenderung menambah porsi makanan.
d) Prinsip utama diet adalah membatasi jumlah kalori yang masuk sehingga tubuh terpacu untuk memanfaatkan kalori cadangan dalam tubuh. Tubuh bisa berfungsi dengan baik dengan 1200-1500 kalori.
e) Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh misalnya santan, jeroan, dan gorengan serta memperbanyak konsumsi tak jenuh misalnya ikan, minyak zaitun, kacang, kedelai, dan alpokat.
f)  Memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Karena selain mengenyangkan dan membuat tidak cepat lapar, buah dan sayur dapat memperlancar proses pembuangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
g) Makan besar adalah makan siang, bukan makan malam.
h) Hindari mengemil. Jiak sulit, gantilah cemilan yang dimakan antara makan pagi dan makan siang atau antara makan siang dan makan malam dengan buah dan sayur.
i)  Berolahraga secara teratur akan membakar kalori dan mengoptimalkan metabolism tubuh.
j)  Memperbanyak minum air putih.
k) Obat pelangsing dan sedot lemak tidak membantu mendapatkan postur tubuh yang sehat dan ideal selama tidak dibarengi dengan diet makanan yang baik. Penggunaan obat pelangsing atau sedot lemak pada saat kondisi kegemukan memang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lakukan sesuai dengan petunjuk dokter. Karena obat pelangsing dan sedot lemak memiliki banyak efek samping bagi tubuh.

2.4 Faktor Yang Umumnya Menyebabkan Kegagalan Diet.
   Kurang motivasi
   Faktor motivasi sangat memegang peranan dalam berhasilnya sebuah program diet. Seorang yang sedang jatuh cinta dan ingin memiliki berat badan ideal agar menarik perhatian orang yang dicintainya memiliki motivasi yang lebih kuat dibandingkan orang yang ingin memilikki berat badan ideal karena ingin menggunakan sebuah gaun dengan model tertentu.
  Tidak disiplin atau tidak konsisten
  Banyak orang yang menjalankan program diet dengan tidak disiplin. Ketika diet menjauhi makanan habis-habisan, begitu angka ditimbangkan turun segera merayakannya dengan makan secara berlebihan akibatnya beratnya selalu bertambah setelah dietnya berhasil, bahkan lebih gemuk dibandingkan sebelum diet.
  Ganti kata-kata negative dengan kata-kata positif
  Otak kita diciptakan tidak menerima kata-kata negative artinya bila anda berkata: ”aku tidak lapar” program yang diterima oleh otak adalah “aku lapar”. Ini sebabnya orang yang tengah menjalankan program diet justru sering merasa lapar. Sebaliiknya anda berkata “aku kenyang”
  Tidak mau berubah
  Bila anda ingin merubah berat badan anda rubah dulu kebiasaan buruk anda. Ganti kebiasaan ngemil dengan berolahraga. Ganti makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak dengan makanan yang berserat tinggi.
  Tidak dibarengi dengan berolahraga
  Diet harus selalu dibarengi dengan olahraga karena olahraga membantu membakar kalori dan mengencangkan kulit anda ketika anda telah mendapat berat ideal. Setelah berolahraga anda akan merasa sangat lapar hal ini disebabkan tubuh anda telah membakar banyak kalori dan sedang mencari sumber kalori pengganti. Bila sehabis olahraga anda makan maka tubuh akan menyerap semua kalori dari makanan tersebut karena itu makanlah 2 jam setelah berolahraga. Pada saat itu tubuh sudah membakar cadangan karbohidrat dan tidak menyerap habis karbohidrat dari makanan yang sedang anda makan.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
   Makanan Dalam Islam
   Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Menariknya, islam memiliki aturan yang sangat komprehensif terkait dengan hal ini. Islam memerintahkan kaum muslimin untuk makan dan minum. Namun pedomannya jelas, tidak boleh makan dan minum kecuali yang halalan thayyiba (halal dan baik).
Yang dimaksud dengan halalan thayyiban ini meliputi jenis makanannya, cara memperolehnya. Proses mengonsumsinya, serta tujuan mengonsumsinya. Maka, seorang mukmin yang komitmen dengan keislamannya, termasuk masalah makanan, akan mendapatkan pahala kenikmatan makan makanan terenak di surga. Bahkan Allah SWT yang memerintahkan mereka untuk makan dan minum.
  Diet Menurut Islam
  Diet pada pandangan islam adalah mengkonsumsi makanan dan minuman secara tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan dapat membawa efek yang tidak baik, misalnya kelebihan makan bisa menyebabkan kegemukan dan kemalasan, kelebihan frekuensi untuk sikat gigi maka email semakin menipis, kelebihan duduk bisa sakit pinggang dan masih banyak lainnya.
Dalam sebuah hadist, Rasulullah telah berpesan bahwasannya volume perut dibagi menjadi 3 bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, 1/3 untuk udara. Adapun tujuan diet dalam islam adalah agar dengan tubuh yang ringan memudahkan seseorang untuk beribadah, seperti bangun tengah malam untuk menunaikan ibadah sunnah tapi itu merupakan salah satu wadah kita untuk mendekatkan diri pada sang pencipta, Walaupun dalam hakikatnya kita hidup didunia, dialah yang kita cari, akan tetapi tujuan kita hidup adalah untuk akhirat “aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku”. Dunia hanya tempat persinggahan semantara, sedangkan akhiratlah adanya kehidupan abadi selamanya. Jadi sebenarnya diet itu bisa membawa berkah tersendiri bagi orang yang mempunyai niat dan nilai positif dalam melakukan tindakan tersebut.
  Diet Menurut Ilmu Kesehatan
  Diet dilakukan tidak hanya sekedar untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Diet adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus mupun terlalu gemuk kedua-duanya merupakan factor resiko terjadi penyakit.
Diet adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi orang secara teratur setiap hari. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan.
   Faktor Yang Umumnya Menyebabkan Kegagalan Diet.
Kurang motivasi
Tidak disiplin atau tidak konsisten
Ganti kata-kata negative dengan kata-kata positif
Tidak mau berubah
Tidak dibarengi dengan berolahraga

DAFTAR PUSTAKA
Kusumah, Indra. 2007. Panduan Diet Ala Rasululah. Jakarta: Qultum Media
Hyman, M.D, Mark. 2006. Ultra Metobelisme. Bandung: Mizan Media Utama

2 komentar:

  1. cari menu diet untuk remaja yang ngga ribet ada?

    BalasHapus
  2. untuk menncari diet yg tidak ribet buat remaja sebenrnya ada tinggl mau menjalnkan apa tidak serta mempunyai kemauan yang kuat seprti hal-hal yang ada di atas kita terapkan insALLAH akan berhasil

    BalasHapus